Gili Trawangan, Pulau tanpa Polusi, tanpa polisi,!!

Jika agan mengunjungi Pulau Lombok, maka agan akan menemukan banyak tempat wisata yang menarik dan indah. Namun akan merasa tidak lengkap sebelum agan mengunjungi Gili Trawangan. Saat menginjakkan kaki di pantai Gili Trawangan, agan pasti akan berdecak kagum, betapa indahnya negeri kita yang memiliki Gili Trawangan.
agan mungkin merasakan indahnya Pantai Kuta di Bali. Tapi Gili Trawangan ternyata lebih indah. Pantainya bersih, indah dan alami. Tidak begitu luas, namun memberikan sesuatu yang sulit digambarkan, yang pasti indah dan menawan.

Gili yang berarti Pulau kecil atau anak pulau, memang merupakan tempat wisata yang “Hmmm,,, Waaaaah” apalagi di Pulau Lombok,

Pulau Lombok Sendiri memiliki beberapa Gili, salah satunya ya Gili Trawangan Ini.


Trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat dimana para wisatawan bisa belajar berkuda mengelilingi pulau.

Pas Perjalanan Ke Gili Trawangan, sebelum sampai Bangsalpun Sodara2 akan dimanjakan Pemandangan Yang indah2 dari Pulau Lombok…

Kalau Agan beranjak dari Terminal Bus Mandalika, Mataram, ibu kota NTB, Anda bisa menumpang angkutan umum menuju Lombok Utara, lalu turun di Pelabuhan Bangsal, Desa Pemenang-pintu masuk menuju pulau Gili Trawangan. Ongkos dari Mandalika ke Bangsal sebesar Rp 15.000 per orang. Di Bangsal sudah menunggu boat angkutan umum penyeberangan ke tiga gili. Harga tiket yang dibeli di kantor koperasi pengelola angkutan itu tergolong murah, yakni Rp 10.000 per orang untuk jurusan Gili Trawangan, Rp 9.000 ke Gili Meno, dan Rp 8.000 ke Gili Air. Maksimal terisi 25 penumpang. Boat berlayar dari Bangsal ke Trawangan memerlukan waktu sekitar 45 menit, ke Meno 30 menit dan ke Air 20 menit.

Numpang Nampangin Poto Ane yah. . .(yang paling depan pakek kacamata, jelek yah?)

Lokasi pulau kecil ini lebih natural, suasananya sunyi senyap, ditumbuhi pohon-pohon kelapa tinggi dan tanaman perdu. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini yang oleh penduduk setempat dinamakan β€œDepan.”

Di bagian depan ini, tidak ada malam yang dilewati tanpa pesta. Lampu berbinar-binar dengan hentaman musik membuat pulau di tengah lautan ini seperti kunang-kunang. Varian hunian pun sangat beragam, mulai dari Rp. 250 ribu sampai Rp. 8 juta untuk semalam saja. Soal makanan tidak usah ditanya, dari mulai tradisional sampai internasional semua ada. Seandainya kehabisan uangpun, fasilitas ATM sudah ada di pulau ini. Semua fasilitas bak di kota daratan, tapi yang membedakan adalah sensasi hidup nikmat di pulau terpencil, jauh dari rutinitas harian.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pulau yang Aman

Lebih lanjut,a di pulau tempat ia lahir ini hampir tidak pernah ada kerampokan atau kemalingan. Oleh karenanya tidak ada polisi di Trawangan. Faktor ini sangat penting, karena selain kenyamanan tentu juga keamanan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hal tersebut emang bener, sampai dibuatkan sebuah Lagu tentang Gili Trawangan.

Saya hanya beberapa kali ke pulau berpenduduk ramah tersebut. hanya 2 kali menginap sih. Rasanya cukup bagi saya mencerap energi untuk kembali menghadapi tugas demi tugas. Perjalanan ke Trawangan menjadikan bagian hidupku berkesan, menerawang masa depan dari seberang pulau sebelum ku kembali ke Tanah kelahiranku Lombok Island.

Ane kasih “Bonus” Gan:

 

Gimana Gaan,????πŸ˜€πŸ˜€

7 thoughts on “Gili Trawangan, Pulau tanpa Polusi, tanpa polisi,!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s